Motto

496 Pasien Katarak telah Ditangani RSUD Syekh Yusuf Gowa

Operasi katarak secara gratis yang ditawarkan kepada masyarakat adalah hal rutin yang dilakukan manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Gowa. Hal ini diungkapkan Direktur Utama (Dirut) RSUD Syekh Yusuf Salahuddin di sela-sela Bakti Sosial Operasi Katarak Mata dan Seminar Kesehatan dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-90 Tahun. 

Ia mengungkapkan, langkah ini dilakukan untuk mengurangi jumlah pasien penderita katarak di Gowa. Pasalnya, terhitung sejak Januari hingga November 2018 ini telah mengoperasi pasien katarak sebanyak 496 pasien.

"Pasien gangguan penglihatan terbilang tinggi yaitu 750 orang di Gowa atau 0,1 persen dari jumlah penduduk. Adanya inisiatif dari PKK Gowa ini sangat membantu dalam menangani penyakit katarak" ungkapnya, Kamis (20/12).

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan yang hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, dalam kegiatan ini selain digelar operasi katarak gratis juga dibuat seminar kesehatan. Ini dilakukan agar masyarakat bisa mengetahui dan mengerti pentingnya kesehatan mata, serta pentingnya berbagi ke sesama.

"Mata adalah jendela dunia, jadi kita lakukan agar masyarakat bisa lebih menjaga kesehatan matanya, dan di lain sisi pastinya kita bisa mengurangi penyakit katarak di Gowa dengan operasi gratis yang dilakukan hari ini," tambahnya. 

Lanjut Priska, katarak merupakan penyebab utama kebutaan bagi manusia diusia 50 tahun ke atas. Sehingga momentum ini dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Pengurus TP PKK dan RSUD Syekh Yusuf dengan melaksanakan operasi katarak.